Oleh: geiztia | Agustus 4, 2008

ternyata wawasan bahasa daerah itu perlu

kemarin aku menghadiri suatu undangan konsolidasi partai tingkat kecamatan. sebagai pengurus tingkat kota ,kami disambut dgn manis oleh orang2 yg memang sudah menunggu kehadiran kami.

Acara berlangsung dgn sukses, kemudian dilanjutkan dgn acara makan2 dan ngobrol untuk lebih mendekatkan hubungan sesama kader.

Tapi sumpah..suer..saat sesion ini aku bener2 seperti orang bego.!.! bloon.!.!.. sepertinya aku adalah orang yang baru datang dari planet luar Bumi..aku bener2 ga nyambung ngobrol ma mereka… mereka memakai bahasa jawa karna memang mayoritas mereka orang jawa,..yang jadi masalah aku ga bisa dan ga mengerti bahasa jawa..

yang lain pada asyik ngobrol,.. dan aku cuma senyum2 ga jelas..ketika semua acara selesai kami pun pamitan tuk pulang.. ga disangka dimoment2 terakhir aku jadi bahan tertawaan..saat aku mau masuk mobil, ada seorang kader yg dgn ramahnya menanyakan padaku..

“mbak.. wes arak bali mbak ..?. hati2 yo..” dgn logat jawa nya yg sgt pasih.

aku : ” ga mas.. kami mau pulang kemedan bukan mau ke bali..”

setelah dgr jawaban aku, yg ada disitu semua pada ketawa..tapi aku cuekin aja, trus cepet2 masuk mobil deh..dlm hati aku berpikir, pasti jawaban aku tadi ga nyambung deh, makanya mereka pada ketawa, tapi berusaha cuek aja deh..

setelah kejadian ini kok aku jadi pingin pinter bahasa jawa ya..hihihi..ada yang mo ngajarin aku ga..?.. ntar kalo pada ngajarin, bisa dpt pahala lho…hehehe..


Responses

  1. huahahaha…sy jg nda ngerti bahasa jawa tuuuh…
    yg penting bhs ibu aja deh yg ngerti🙂

    hehe.. bahasa daerah lbh sulit dr bahasa inggris ya..:lol:

  2. yes..bener tuh😉

    ngerasa juga yah..

  3. bener banget kita susah2 bljr bhs asing kenapa ga mau susah2 belajar bhs daerah..😀

    iya ya.. knp ga pernah tertarik tuk pinter bhs daerah ya..?

  4. sayah orang jawa mbak
    mau jawa kasar, sedeng ato alus?
    kalo kasar tinggal digetok kalo mau alus bisa diulek atawa diblender
    haha

    wew..mo belajar bhs jawa ato mo buat bumbu masakan to mbak..?..

  5. Saya 50% setuju…

    hiks..hiks.. kok cuma 50 % setujunya pak..
    btw.. thaks dah main kesini ya pak..salam kenal

  6. ha..ha.. itulah ribetnya klo kita gak ngerti bhs lain. saya aja yg orang jawa gak bisa bhs jawa cuma ngertinya aja. nasib..nasib..

    hehehe..belajar bareng yuk..

  7. oo pantes kemarin minta diajarin bahasa jawa…

    hihihi…iya, ntar ajarin aku ya mas..

  8. Lain kali mbak, kalo mau kondangan lagi bawa kamus ya….hik hik. Satu lagi ajak-ajak kita donk!!
    Thanks sudah mampir di tempat saya. Di tunggu kunjungan selanjutnya, tanpa harus bawa kamus. ok?😉

    hehehe.. kamus bahasa inggris sih saya punya pakde.. tp kalo kamus bahasa jawa..wah pinjemin dong..
    makasi juga ya dah balas kunjungan saya..

  9. itu pasti mbak,
    pengalaman tinggal di bali 1 thn, di kaltim 1 thn di bukit tinggi 1 thn
    dan di tambun 5 thn di cirebon 1 thn itu aja masih kurang

    wew..ngapain mas..kok pindah2 terus..

  10. hm…hm….hm….hm…..ihk….ihk…..uhuk…uhk…ugghhh

    itu tadi ketawa pake jawa krama inggil….. tingkat tertinggi dalam strata bahasa jawa. cuma karena kudu kromo malah dadi keselak.
    mekaten, nuwun….ndherek tepang Mbak Geiztia.
    kulo punika saking tlatah Jawi Tengah sak andhaping redi Lawu sisih kilen……

    kembali kasih mas habib..
    dah mau main kesini…sering2 yah..
    sekalian ngajarin aku bahasa jawanya..
    *bahasa jawanya gimana itu ya..*

  11. wah…mbak sanes tiyang jawi nggeh ?@@!?! (mode jawa on)

    bali neng pundi mabak ?!!? (ni juga pk kata bali …😀 )

    nggak papa kok, justru mereka seneng klo da orang yang pingin mengerti bahasa jawa……

    hehehehe

    *icon bingung*
    ga ngerti apa kata mas afwan auliyar..
    bantu ajari aku ya mas afwan..

  12. Ora ono ora singkae, budak mang ono ceurik bae, wekekekk….

    om..translate dong.. aku ga ngerti..:(

  13. brani bayar brapah? ihihihihi

    wew.. komisi tergantung hasil kerja mbak.. hehehe..

  14. mbak kalo mau kursus bahasa tegal ke saya aja

    aja klalen ya moci karo ndopok engko bengi yen bisa karo nggawa klasa go glelengan…. paham ora mbak sing di omongena yakhanu..??
    kalem bae engko tak ajari bahasa tegal sing baik dan benar,….

    hehehe……

    wis dingin ah…yakhanu pan jalan jalan dingin ning bloge uwong lia…
    🙂🙂

    *icon puyeng*
    ga ngerti apa yg dibicarain nih..

    mau banget …. tapi cara kursusnya gmn mas yakhanu…

  15. hehehe….
    saya juga sdg belajar bahasa jawa mbak…

    wah..kalo gitu kita belajar bareng aja…
    belajarnya dirumah siapa ya…

  16. Emangnya sampeyan orang Medan toh Mbak?

    iya pak…dari lahir sampe sekarang tinggal dimedan terus…
    ga diizinin tuk keluar dari kota medan ini…
    krn orang medan takut kehilangan cewe manis, baik dan ramah kaya aku…
    *wew..sok bgt.. padahal aku cuma nyumpek2in kota medan doang*

  17. di daerah belum ada keputusan tentang bahasa daerah… soalnya di banten ada tiga macem bahasa yang mendominasi di masing-masing daerah. Di Kabupaten Lebak dan Pandeglang dominasi sunda, Kabupaten/Kota Serang berbahasa sunda dan jawa Banten, di Kota Cilegon berbahasa Jawa Banten, sementara di wilayah Tangerang bahasanya betawi….!

  18. silahkan mampir di postingan saya yang terbaru tentang follow up acara 17 an blogger sumut

  19. kulo nggih saged kromo inggil … purun ngajari. nggih purun dados pacar njenengan😀

  20. untung saya ngerti bahasa minang😀

  21. wah ampun deh.. mosok aku suruh bantu translate. tanyain langsung ke orang yang ngasih komen aja to…

  22. arep bali artinya mau pulang he..he..he… makanya di ketawain

  23. Huehehehehehehehe….
    Gimana gag ketawa coba, wong jawabnya ja kayak getoe.
    untung ja langsung kabur masuk mobil.

    Padahal ku juga gag pinter-pinter amat bahasa Jawa wkokokokoko…

  24. masih pinter juga Si amat hehehe…

  25. untung ga dapet undangan nikahan orang jawa…pasti pidato dan orang2 nya pake bahasa jawa halus…pasti semakin ga mudeng….mau les di tempat saya>????murah lho…hehehehehe

  26. untung saya tinggal di daerah yang masih kental dengan adat istiadat. klo nggak……

  27. aku juga ingin belajar bahasa sunda😀

  28. bahasa itu alat komunikasi bukan
    mengerti banyak bahasa
    semakin banyak pula yang kita mengerti

  29. tante , kata bang said , ceweknya ada kok , datang aja
    o iya saya sepupunya bang said
    salam kenal ya

  30. hahah serasa jadi alien ?wah pengalaman yg tidak mengenakkan. kayak kamu masuk ssuatu ruangan dan langsung merasa unconvertable😦

  31. jawa adalah kunci! begitu kata para pemberontak dulu… makanya kudu ngerti bahasa jawa….. *padahal gw juga gak ngerti* hihih

  32. Tertawanya terlambat hehehe. Hal yang sama sering saya alami.

  33. gak begtu penting sebenarnya sebuah bahasa dalam berkomunikasi. karena bahasa kan ga hanya verbal dan tulis aja. masih banyak bahasa untuk pengantar komunikasi. misalnya bahasa isyarat. he2x… pasti lucu kalau waktu itu kamu pake bahasa isyarat ma teman kamu.

  34. Sini sini tak AJARI.. ada KURSUS online juga kok😉

  35. coba liat disini mbak
    http://tembi.org/

    klik khasanah dokumentasi bagian Pasinaon (Pembelajaran)

    Bahasa adalah kebiasaan.
    Cara cepat belajarnya adalah biasa menggunakannya.
    artinya, mbak harus cari orang jawa di medan (lingkungan sekitar) dan suruh dia ngobrol pake bahasa jawa, dan tanya artinya.

  36. artikel anda :

    http://pendidikan.infogue.com/
    http://pendidikan.infogue.com/ternyata_wawasan_bahasa_daerah_itu_perlu

    promosikan artikel anda di http://www.infogue.com dan jadikan artikel anda yang terbaik dan terpopuler menurut pembaca.salam blogger!!!

  37. Lama di Indonesia,,
    sampai² ga bisa bhs Jawa,,,

    We e e e e

  38. Uwah… Lucu iaa belajar macam bahasa daerah !
    ^_^

    ni di Banten ada 3 Bahasa. Bahasa Jawa Banten, Sunda Banten, sama Betawi. Bahasa Jawa sama Sunda di Banten beda sama bahasa yang ada di Yogya dan Bandung.

    Salam kangge dulur banten sedanten sing wenten ing pundi saos…


Tinggalkan Balasan

Kategori

